IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

5 Desa Di Kecamatan Taliabu Barat Laut Laksanakan Musrenbang Desa
Ditulis oleh : Achun Nurdin

13 Februari 2018 - 13:52:31 WIB

Taliabukab.go.id - Lima Desa di Kecamatan Taliabu Barat Laut, Provinsi Pulau Taliabu, Maluku Utara, mulai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) secara bertahap dengan waktu yang berbeda. Dimana lima desa itu dibagi menjadi tiga hari yang diawali Senin (12/2/2018) dan berakhir pada Rabu (14/2/2018).

Camat Taliabu Barat Laut, Sukrin Sanya, S.AP, kepada media online ini, mengatakan desa merupakan suatu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal-usul dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan negara kesatuan republik Indonesia, sebagaimana diamanatkan UU No 6 Tahun 2014tentang desa.

Hingga itu, dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa ini, menjelaskan sebagai konsekuensinnya desa menyusun perencanaan pembangunan sesuai dengan kewenangannnya mengacu kepada perencanaan pembangunan Provinsi dalam suatu musyawarah perencanaan pembangunan guna menetakan prioritas, program, kegiatan dan kebutuhan pembangunan desa yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.”Jadi Kades juga harus memahami progres pembangunan Provinsi agar tidak terjadi tumpah tindih dalam menyusun program,”katanya. 

Selanjutnnya dalam pembangunan desa nantinnya akan dilaksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa dengan semangat gontong royong serta memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya alam desa.

Dirinya mengajak seluruh lapisan masyakat untuk ikut mengambil bagian dalam musyawarah seraya menjelaskan kalau hasil musyawarah akan dituangkan dalam RPJMDesa yang menjadi rel bagi kepala desa dalam melaksanakan tugas selama 6 tahun kedepan.“Masyarakat akan lebih mudah melakukan pengawasan terhadap kinerja saya bila kita sama-sama menyusun RPJMDesa ini,” tegasnya. 

Ia meminta kepada para Ketua BPD beserta seluruh anggotanya berbaur ke dalam kelompok masyarakat yang telah disusun guna menampung aspirasi masyarakat dan menyerahkannya kepada kepala desa.”Untuk para Kepala BPD dan Anggotanya juga harus berpartisipasi secara maksimal, agar supaya dikemudian hari tidak saling menunding terkait dengan program yang telah dirancang secara bersama dalam APBDes,”tandasnya. (*)

IKLAN
IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 15742 kali
PENGUMUMAN TERBARU