IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Kades Waikadai Tingkatkan Sport Warganya Untuk Bertani Cengkeh
Ditulis oleh : Achun Nurdin

12 April 2018 - 05:10:33 WIB

taliabukab.go.id - Adanya kucuran anggaran dana desa sudah seyogianya bila desa sekarang bagaikan berlomba untuk meningkatkan pembangunannya demi mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera.

Mengabdikan diri dengan ikhlas buat kemajuan desanya sudah menjadi prinsip Jhonsin Duwila sebagai Kepala Desa. Baginya segala yang dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat didesanya adalah merupakan wujud pelaksanaan amanah dari rakyat yang telah mempercayakan dirinya menakhodai Desa Waikadai.

Desa Waikadai merupakan salah satu desa dari Sembilan desa di Kecamatan Taliabu Timur Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Kini giat melaksanakan pembangunan desa dengan mengacu pada program pembangunan desa yang telah disepakati lewat kampanye pilkadesnya dulu.

Jhonsin Duwila Kepala Desa Waikadai, saat ditemui belum lama ini mengungkapkan bahwa pembangunan mulai digalakan baik dalam desa maupun untuk kehidupan jangka panjang warga. Dimana untuk dalam desa sendiri telah ditertibkan pagar dan pembuatan gapura, tanpal batas RT/RW.”Warga bersama aparat desa untuk saat masih melakukan pembenahan dalam desa,”katanya.

Sedangkan, untuk kehidupan jangka panjang warga? Menurutnya, telah dilaksanakan kesepakan untuk membantu warga yang selama ini berprofesi sebagai petani kopra dan kakao, kini dibantu dengan bibit cengkeh, agar supaya jangan hanya dibagian selatan cengkeh menjadi komoditi utama. Tetapi, bagaimana bagian selatan juga bisa menghasilkan cengkeh yan berlimpah.”Belum lama ini kita membagikan cengkeh kewarga yang bertani dengan total 1100 bibit anakan cengkeh,”akunya.

Selian cengkeh untuk petani kita juga mengajak warga untuk beternak dengan cara memberikan bantuan sapi sebanyak 5 ekor untuk di kembang biakan. Setelah, berkembang kita ahlikan kepada warga lain lagi, agar kehidupan perekonomian kelak bisa berubah dan warga Waikadai sejahtera sebagaimana harapan Bupati pada pelantikan yang lalu.”Selain bibit cengkeh kita juga membagikan 5 ekor sapi dan 3 ekor kerbau,”kilahnya.

Sedangkan, untuk kepemudaan kita memberikan fasilitas berupa bola kaki yang disertai dengan kostumnya. Begitu juga untuk pendidikan usia anak dini, agar seragam ke sekolah, pemerintah desa telah menyerahkan bantuan yang dibagikan langsung oleh kepala sekolah PAUD berupa pakai batik siswa paud.

Lebih jauh juga dirinya mengaku program pembangunan ini merupakan skala prioritas dengan menggunakan anggaran dana desa bersumber dari APBN tahun 2017.” Harapan saya agar pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, masih katanya, masyarakat tani khususnya di Desa Waikadai mengharapkan kepada pemerintah terkait untuk memberikan pembinaan khusus kepada masyarakat tani. “Dan memberikan sarana prasarana lainnya seperti bantuan pupuk dan bibit merica, pala sebagai penunjang kegiatan pertaniannya,” tandasnya. (adv)

IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 21421 kali
PENGUMUMAN TERBARU