IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Hujan Tak Sampai Sehari, air meluap ke rumah warga
Ditulis oleh : Achun Nurdin

15 Mei 2018 - 09:28:02 WIB

taliabukab.go.id, TALIABU - Banjir kembali melanda wilayah Kabupaten Pulau Taliabu, akibat hujan lebat pagi, kemarin, Minggu (13/5/2018). Akibatnya, puluhan rumah di Desa Kabuno, Kecamatan Tabona terendam air. Namun, dalam banjir kiriman akibat, parit yang berda di tengah desa ini meluap dan merendam rumah, masjid hingga sekolah juga terendam air di Desa tersebut.

Informasi yang berhasil dirangkum media ini, terjadi hujan lebat pada pagi hari sampai sore hari. Akibatnya, parit tak mampu membendung air kiriman dari gunung dan menerjang wilayah pemukiman, terutama di Desa Kabuno. Beruntung, warga setempat yang sudah siaga pun bisa meminimalisir dampak kerugian.”Banjir ini sduah biasa terjadi karena paritnya tak mampu lagi memuat air. Hingga meluap,” kata Kades Kabuno Hud Pawah. 

Pasalnya, warga setempat sudah berpengalaman bahwa bilamana terjadi hujan deras dengan durasi diatas satu jam maka kemungkinan besar akan terjadi banjir bandang. “Disini pak sudah langganan banjir. Dari dulu hujan sedikit saja pasti mau banjir,” katanya lagi, kepada Media ini.

Genang air setinggi betis orang dewasa. Bahkan, banjir tidak hanya membuat aktivitas warga setempat terganggu. Separuh jalan di desa juga ikut tergenang.”Rencana ke depan Parit yang lebarnya 4 meter dan panjang 50 meter ini akan dibuatkan tanggul melalui dana Desa sering dengan pemerintah daerah,”jelasnya.

Namun, dirinya meminta perhatian serius dari dua instansi diantaranya dinas PU PR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), karena desa kabuno setiap terjadinya hujan, dipastikan akan mengalami kebanjiran. Hingga itu, saat ini warga membutuhkan tanggul yang tinggi agar air kiriman mengalir melalui saluran tanggul.”Kita harapkan adanya perhatian pemerintah di anggaran perubahan nanti,”tandasnya.  Seraya mengaku dalam banjir kali ini tidak ada korban maupun kerugian lainnya.”Tidak ada korban dan kerusakan, hanya saja sejumlah rumah tergenang dengan air hujan,”paparnya. (dhi)

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 24967 kali
PENGUMUMAN TERBARU