IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Galian C Liar, Ancam Kerusakan Lingkungan, Di Pulau Taliabu
Ditulis oleh : Achun Nurdin

12 Februari 2018 - 17:00:44 WIB

Taliabukab.go.id - Kondisi pasir di pantai bobong kini makin memprihatinkan akibat pasir-pasir di bibir pantai terus diangkut menjadi bahan dasar rumah. Penggalian pasir dan tanah secara sporadis oleh oknum yang tidak bertanggungawab dilakukan pada malam hari. Akibatnya, pasir sudah semakin terkikis dan terancam abrasi. 

Salah satu warga di fangahu, desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Arfandi (33) mengaku prahitin dengan para pengambil pasir yang dilakukan pada malam hari ini. Bahkan, setiap pulang memancing pasti telah ditemukan sejumlah tumpukan karung yang disertai pasir di dalamnya.”Kalau kita pulang memancing pasti antara 20 tumpukan pasir di karung pasti ditemukan di bibir pantai,”katanya dengan nada prihatin.

Ternyata perbuatan dilakukan ini menurutnya bukan hanya dilakukan sekali saja. Karena, tiap malam dipastikan ada mobil yang mengangkut dan juga mulai terlihat kerusakan lingkungan akibat ulah penambang semakin sulit terkendali. “kerusakan lingkungan memang cukup memprihatinkan. Sebagian besar akibat galian C tanpa memperhatikan dampaknya pengikisan pantai,”tegas Setiawan yang juga mengaku pernah menemukan salah satu warga dengan menggunakan mobil mengangkut pasir.

Keduanya, meminta agar pemerintah desa dan kecamatan serta Dinas tehnis terkait dapat melakukan pencegahan eksploitasi galian pasir disejumlah pesisir pantai yang semakin terkikis. Apalagi sejauh ini upaya pendekatan kepada warga untuk pencegahan kerusakan lingkungan, belum pernah dilakukan dinas terkait dan pemerintah kecamatan.”harus ada pencegahan sejak dini, kita tidak biasa biarkan, tetapi kalau sesame warga yang memberikan peringatan tidak ada manfaatnya,”jelasnya.

IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 34853 kali
PENGUMUMAN TERBARU