IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Kesbangpol Sosialisasi UU No 7 Tahun 2017 Ke Warga
Ditulis oleh : Achun Nurdin

13 Maret 2018 - 01:36:23 WIB

Taliabukab.go.id - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, (Kesbangpol) Pulau Taliabu, Maluku Utara, melaksanakan sosialisasi terkait dengan Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum. Sosialisasi yang akan dilaksanakan di delapan kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu ini, dibuka langsung oleh staf ahli Bupati Pulau Taliabu, Mar’uf, SE, pada Senin (12/3/2018) kemarin, di aula SLTP Negeri 1 Taliabu Barat. 

Kegiatan Sosialisasi yang diawali di Kecamatan Taliabu Barat dan Taliabu Barat Laut ini, menghadirkan pemateri dari mendagri Rahmat dan Dr. Andi Yusuf Polpum. 

Sambutan Bupati Pulau Taliabu, Hi. Aliong Mus, yang dibacakan oleh Staf ahli Mar’uf, SE, mengatakan sosialisasi ini meliputi tahap dan program pemilu serentak 2017, sosialisasi dan kampanye, serta pengawasan terhadap pemilu. “Sementara metode yang akan digunakan adalah ceramah umum dan dialog/tanya jawab.“Maksud kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan peserta sosialisasi tentang dinamika pelaksanaan Pemilu DPR, DPD, DPRD serta pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI secara serentak, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang baru. Sedangkan tujuannya yaitu, untuk meningkatkan partisipasi politik serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan umum di Pulau Taliabu, khususnya yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2019 mendatang,”katanya.

Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan, pemahaman dan kesiapan kita semua dalam menyongsong Pemilu serentak dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.“Sebagaimana kita ketahui, Pemilu secara serentak pada 2019 mendatang menjadi penentu nasib perjalanan Bangsa Indonesia khususnya Pulau Taliabu di masa mendatang. Oleh karena itu, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu menjadi bekal pengetahuan dan kesiapan serta meningkatkan partisipasi politik kita bersama,” jelasnya.

Sementara itu, Hi. Samsudin Ode Maniwi, S.Ip, M.MPd selaku Kepala Badan Kesatuan dan Bangsa dan Politik menjelaskan pemilu 2019 nanti bisa menghasilkan pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah. Sehingga perlu adanya sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dimana UU ini memiliki nilai yang sangat strategis dan penting, mengingat sudah dekatnya pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019. “Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum ini sebagai landasan hukum dalam penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019. Karena itu, kualitas pemilu bergantung pada sejuh mana undang-undang ini disosialisasikan dengan baik kepada penyelenggara pemilu dan stakeholder terkait sampai pada pemerintah setingkat desa,” katanya

Mantan Sekda Taliabu ini juga, mengatakan  bahwa upaya memperbaiki kualitas pelaksanaan Pemilu merupakan bagian dari proses penguatan demokrasi serta upaya mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien.“Pemilu yang lebih berkualitas dan pada saat yang bersamaan proses demokratisasi berjalan dengan baik, terkelola, dan terlembaga,” paparnya.

Bahkan, dirinya menyentil diamanatkan dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, harus dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.  Hal ini akan dapat tercapai, apabila seluruh komponen bangsa saling bahu-membahu mendukung pelaksanaan Pemilu dengan didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan penghormatan hak-hak politik setiap warga negara.“Suksesnya Pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu. tetapi harus didukung seluruh pemangku kepentingan Pemilu demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan,” tegasnya. (dhi)

IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 32873 kali
PENGUMUMAN TERBARU