IKLAN
IKLAN
IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Sejumlah Desa Minta Pemekaran Kecamatan
Ditulis oleh : Achun Nurdin

14 Maret 2018 - 16:15:40 WIB

TALIABU, Taliabukab.go.id — Dengan adanya Ranperda pemekaran Desa dan kecamatan yang diajukan oleh Pemerintah Daerah kepada DPRD Pulau Taliabu, membuat sejumlah desa maupun kecamatan berbondong-bonding mengajukan pemekaran desa dan kecamatan.

Bahkan Pemkab Pulau Taliabu melalui Bupati secara langsung telah mendorong empat kecamatan untuk dimekarkan menjadi kecamatan yakni Taliabu Utara yang menbawahi 19 Desa, Taliabu Selatan yang menbawahi 9 desa dan Taliabu Timur Selatan yang menbawahi 9 Desa. Begitu juga dengan Kecamatan Taliabu Barat yang membawahi 12 Desa. 

Namun, sejauh ini baru warga Desa Sahu-Tikong yang gencar memprolamirkan diri untuk membentuk kecamatan baru di Kecamatan Taliabu Utara, bahkan dalam bentuk keseriusan itu, telah mengajukan berbagai berkas administrasi kepada pihak DPRD Pulau Taliabu dan melakukan pertemuan bersama dengan DPRD dan pihak Pemkab Pulau Taliabu yang diwakili oleh Bagian Tata Pemerintahan Setda Pulau Taliabu.

Kepala bagian Tata Pemerintahan setda Kabupaten Pulau Taliabu Moh. Amrul Badal, SH, menjelaskan bahwa upaya pembentukan kecamatan baru dalam wilayah kabupten pulau taliabu, Maluku Utara, merupakan prioritas utama saat ini. APalagi, upaya pembentukan itu telah mempunyai dasar yakni rancangan Peraturan Daerah Pembentukan pemekaran Kecamatan dan Desa yang telah disepakati pihak DPRD Pulau Taliabu.”Pemkab memberikan ruang kepada desa dan kecamatan secara tidak langsung, karena pemkab telah mengajukan ranperda Kecamatan dan Desa dalam wilayah Kabupaten Pulau Taliabu,”katanya.

Amrul menjelaskan bahwa selain di Taliabu Utara, terdapat juga dua kecamatan yang akan didorong untuk mengajukan pemekeran kecamatan yakni Taliabu Barat, Taliabu Selatan dan Taliabu Timur Selatan. Namun, sebelum mengajukan harus melengkapai berbagai persyaratan administrasi kewilayahan.”Ada sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi. Hingga itu, harus diadakan pertemuan dan pembentukan tiem pemekaran kecamatan agar supaya berjalan sesuai dan tidak memuai kendala nanti,”cetusnya.

Namun, dirinya mengaku kalau untuk pembentukan kecamatan sejauh ini tidak terkendala dengan desa pendukung. Namun, untuk pemekaran desa sejauh ini belum satupun mengajukan. Hal ini dilakukan untuk mempermuda pelayanan public dari desa ke kecamatan. Begitu juga sebaliknya.”Alasan lain terkait pemekaran kecamatan dan desa ini adalah persoalan pelayanan public agar lebih mudah,”tandasnya. (dhi)

IKLAN
IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 30940 kali
PENGUMUMAN TERBARU