IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Kadis Disdukcapil Nilai Kades Kurang Efektif Membantu Pendataan Bagi Warganya
Ditulis oleh : Achun Nurdin

09 April 2018 - 22:08:39 WIB

taliabukab.go.id - Pendataan Eletronika Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kabupaten Pulau Taliabu, masih terus dilakukan pihak Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Pulau Taliabu, secara mobile ke kecamatan dan desa-desa. Kendati langkah Mobile ini telah dilakukan secara berulang-ulang. Namun, masih saja ditemukan warga yang akan melakukan perekaman bahkan belum sama sekali mempunyai data perekaman.

Padahal, pihak Disdukcapil telah memberikan informasi baik melalui surat ke para kepala desa, terkait adanya staf yang akan turun ke desa terkait dengan perekaman data kependudukan terutama e-KTP.”Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk perekaman ini. Namun, tetap masih ditemukan warga yang belum memilik data penduduk,”kata, Kadis Disdukcapil Maslan, kepada media ini di kantor Bupati, Senin (9/4/2018).

Kadis menilai bahwa persoalan perekaman di desa ini, ternyata disebabkan kurangnya peran kades dalam memberikan pemahaman kepada warganya. Pasalnya, setelah melakukan perekaman awal, masih juga ditemukan perekaman selanjutnya. Apalagi, setiap desa di kabuaten Pulau Taliabu telah dua kali melakukan pendataan secara mobile.”Kalau kades terlibat secara langsung, pastinya pendataan akan terjadi hanya sekali. Namun, ini telah terjadi secara berulang-ulang dan masih ditemukan warga yang belum ter-rekam lagi,”paparnya.

Apalagi, pendataan penduduk sangat penting agar seluruh penduduk yang menetap di Pulau Taliabu, Maluku Utara terdata sesuai aturan. Jika tidak terdata, maka warga tersebut akan sulit mendapatkan haknya dalam bebagai pelayanan, khususnya yang menyangkut keharusan adanya bukti administrasi kependudukan.” Pemerintah Desa yang mendata penduduknya karena mereka yang lebih tahu siapa saja yang belum merekam e-KTP. tapi yang jadi kendala, masih banyak formulir pendataan itu yang belum dikembalikan oleh Kepala Desa, sementara Disdukcapil masih menjadi sorotan masyarakat terkait sistem kependudukan, padahal team kami rutin melakukan sosialisasi ” tandasnya. (dhi)

IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 37103 kali
PENGUMUMAN TERBARU