IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Tinjau Pelabuhan Tallo, Bupati Siap Proses Pembebasan Lahan
Ditulis oleh : Achun Nurdin

13 April 2018 - 22:15:27 WIB

Taliabukab.go.id - Bupati Pulau Taliabu, Maluku Utara, Hi. Aliong Mus dan Kepala Kantor Unit Pelenggara Pelabuhan (KUPP) Sanana, I Gede Astawa,PA,SH, meninjau pelabuhan Tallo, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Jumat (13/4/2018). Dalam peninjauan lokasi itu, Bupati di damping oleh Camat Taliabu Barat, Safaruddin Soamole, SE, sedangkan Kepala KUPP Sanana di damping para Kepala Sahabandar di Pulau Taliabu dan para Kasi di Jajaran KUPP Sanana.

Sebelum melakukan peninjauan pelabuhan Tallo, rombongan KUPP Sanana ini telah mengunjungi Pelabuhan Lede, pada Kamis (12/4/2018). Kepala KUPP Sanana I Gede Astawa,PA,SH, setelah melihat kondisi pelabuhan Kecamatan Lede yang berada di tanjung laleo, meminta kepada pemerintah daerah agar secepatnya melakukan pembicaraan dengan para pemilik lahan untuk dilaksanakan pembebasan, agar supaya dilaksanakan proses pengusulan untuk pembangunan kembali.”Kalau sudah ada pembebasan lahan dermaga, maka kita akang membantu untuk prosesnya,”katanya.

Selain itu, dirinya mengaku bahwa pemerintah daerah Pulau Taliabu, hanya bertanggungjawab pada proses pembebasan lahan dan Dirjen Hubungan Laut dan darat Kementerian Perhubungan RI, bertanggungjawab pada proses pembangunan dermaga.”Perhubungan Pusat bertanggungjawab untuk pembangunan, karena dermaga ini masuk dalam program pusat untuk beberapa wilayah di Pulau Taliabu, seperti Loseng, Bobong, Sahu,”kilahnya.

Sementara itu, saat berkunjung ke pelabuhan Tallo, keduanya pejabat berwenang ini melihat semua sisi bangunan pelabuhan. Bahkan, pihak KUPP Sanana mempertanyakan kedalaman pelabuhan. Karena, bupati meminta bantuan untuk mendatangkan kapal jenis pelni untuk melayani Pulau taliabu dan daerah lainnya terutama Surabaya.”Kita siap untuk membantu dalam pembebasan, asal persoalan penambahan dapat direalisasikan,”kata Bupati.

Bahkan, bupati menjamin akan membuat pembebasan secepatnya dan juga akan membuat pembebasan rumah di pinggiran dermaga Tallo. Karena, Pemda Pulau Taliabu, menginginkan agar adanya swering tambahan untuk menyambung lokasi pelabuhan Tallo sampai di dermaga tallo.”Lokasi ini juga kita akan membuat pembebasan lahan, agar supaya ada swering untuk lokasi parker aeral mobil. Karena sisi kanan pelabuhan akan dijadikan lokasi kontener sementara itu,”tandasnya. (dhi)

IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 37086 kali
PENGUMUMAN TERBARU