IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Catatan : Abdul Kadir Nur Ali

Bupati Ingatkan Kades dan BPD Harus Bersinergi 
Ditulis oleh : Achun Nurdin

03 Januari 2019 - 23:15:39 WIB

Bupati Hi. Aliong Mus, mengingatkan agar para kades terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan tidak mengselewengkan anggaran serta berkoordinasi dengan BPD.

Bupati ada tiga hal yang disampaikan kepada para Kades, yakni Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara. mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan, sejak hari ini hingga enam tahun kedepan.

Kedua, sebagai unsur Pemdes, Kades dan BPD merupakan mitra. untuk itu harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa. Dan ketiga Pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam kerangka grand strategy pembangunan daerah “Dari Desa Membangun Taliabu”.

Selain itu, Kades mengemban amanat yang tidak ringan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa. kepala desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya.”Mengingatkan bahwa banyak dana yang didapatkan desa pada periode ini. Maka, dia menekankan, agar para kades dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Tentunya untuk pengembangan dan kemajuan desa masing-masing,”katanya.

Lebih lanjut, Kata Bupati, terus mendorong para kades untuk melakukan berbagai inovasi dan pengembangan potensi yang ada. “Dengan dana desa (DD) dan berbagai kucuran dana lainnya dapat digunakan untuk mengembangkan wilayah. Entah itu pemberdayaan masyarakat melalui produk unggulan atau pariwisata,” paparnya.

Bupati mengatakan bahwa komitmen membangun daerah melalui desa sangat besar. Menurutnya, salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah menjadikan sebuah desa menjadi desa wisata.

Meskipun begitu, dirinya (Bupati, red) mengingatkan, para kades menggunakan dana desa dengan benar dan jujur. Ia tidak ingin kades yang baru dilantik terkena masalah hukum di kemudian hari. Terutama akibat dari penyalahgunaan dana desa.

Terkait sosialisasi Perbup 58/18 tentang Pengangkatan Perangkat, menurutnya, para peserta mayoritas telah memahami isi peraturan tersebut. “Insya Allah semuanya paham, tapi tetap akan kita kita dampingi terus agar tidak terjadi sesuatu yang negatif,” tandasnya. (**)

Kabag Humas dan Protokoler Setda Pulau Taliabu

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 55634 kali