IKLAN
IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Kapal Muat BBM 45 Ton Terbakar Dipelabuhan Desa Langganu
Ditulis oleh : Achun Nurdin

29 Juni 2019 - 19:14:48 WIB

Taliabukab.go.id, Salah satu Kapal bermuatan Bahan Bakar Mintak (BBM) jenis solar dan Minyak Tanah, terbakar setelah diduga akan melakukan aktivitas pembongkaran bongkar muat di Desa Langganu, Kecamatan Lede, pada Sabtu (29/06) sekitar pukul 10.30 WIT.

Dikabarkan Kapal KM Fajrul Putra Perdana dengan GT 50 Ton yang dinahkodai Haji Romi Haerudin,dengan ABK Berjumlah 4 Orang ini merupakan kapal yang dikontrak salah satu pangkalan BBM di Pulau Taliabu untuk melayani pasokan BBM dari Kepsula. Baru saja tiba dipelabuhan Langganu dan akan melakukan pembongkaran sebelum tujuan akhir di desa Bobong.

Namun, naas menimpa kapal yang bermuatan BBM sebanyak 45 ton ini terbakar. Sejauh ini belum dikatahui secara pasti asal mula api. Namun, diduga kuat berasal dari kosleting mesin pompa yang berda di lambung belakang kapal. Sebab, apai bermula dari lambung belakang kemudian menyebar kebagian tengah dan nyaris saja menghanguskan badan kapal. Untuk, warga ikut memabntu dengan menggunakan peralatan apa adanya untuk memadamkan kapal yang sedang bersandar tersebut.

Menurut keterangan Kepala Desa Langganu, Basirun, bahwa kapal yang mengalami kebakaran itu, tidak menyebabkan korban jiwa. Tetapi, dua ABK yakni Nahkoda Kapal Romi dan ABK Berinisial Iki, mengalami luka bakar yang saat ini sedang dirawat di Puskesmas Kecamatan Lede.”Mereka berdua sedang dirawat di Puskesmas, karena mengalami luka bakar di bagian kaki,”katanya.

Lebih lanjut, Kades menjelaskan kalau kapal yang bermuatan BBM jenis Solar dan Minyak Tanah itu, baru dibongkar sebanyak 3 ton di desa Lede. Saat pembongkaran itu, tiba-tiba api yang terlihat dari bagian belakang langsung menyebar ke bagian tengah dan sulit untuk diantisipasi, karena, kapal yang bermuatan BBM ini masih dipenuhi muatan.”Masih banyak bermuatan solar dan mintak tanah,”kilahnya.

Para korban dan ABK merupakan warga asal Buton yakni Pasar Wajo dan Dongkala, sedangkan pemesan BBM itu belakangan diketahui milik H.Abidin  asal DesaBobong.”Menurut keterangan nahkoda BBM itu milik Hi. Abidin di Bobong,”tandasnya. (dhi)

IKLAN
IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 72306 kali