IKLAN
IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Hari Kedua BMJ Semangat CHJ Pulau Taliabu Terus Meningkat
Ditulis oleh : Achun Nurdin

29 Juni 2019 - 19:19:32 WIB

Taliabukab.go.id,– Memasuki hari kedua Bimbingan Manasik Haji (BMJ) yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Taliabu bersama Kantor Urusan Agama (KUA) Taliabu Barat, untuk Calon Jama’ah Haji (CJH) Musim Haji 1440 H/2019 Masehi, di Aula Kantor Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, masih dengan semangat para CHJ mengikuti penjelasan para pemateri baik dari Kanwil Depag Provinsi maupun dari kemenang, kendati kegiatan diadakan sejak pagi sampai sore hari. Padahal, dari 65 CHJ ini terlihat sudah ujur. Namun, semangat mereka perlu diajukan jempol.

Kegiatan yang dibuka Kepala Kemenag Kabupaten Pulau Taliabu, Hi. La Sengka La Dadu, dengan mengangkat tema, “Mewujudkan Jama’ah Calon Haji yang Mandiri Dalam Menggapai Haji Mabrur “, akan berlangsung selama lima hari, kemudian akan dilanjutkan dengan Manasik dari Pemerintah Daerah selama dua hari.

Berdasarkan pantauan media group Pemda Pulau Taliabu, terlihat suasana keakraban para CJH dari depalan kecamatan ini mulai terlihat akrab satu sama lainnya, kendati pada hari pertama panitia masih membahas seputar perlengkapan yang dibwah dan disipakan sejak berada di Kabupaten Pulau Taliabu, terlihat banyak pertanyaan yang dilontarkan para CJH ini, terutama penggunaan nama pada tas kopor dan tas di dada.

Tetapi hari kedua, para CJH ini mulai fokus pada bimbingan yang dibawahkan para pemateri terutama persoalan kloter dan rombongan sejak dari indonesia sampai di Mekkah nanti. Kepala Kemenag Hi. La Sengka La Dadu, mengaku kalau pembinaan ini akan berlangsung lima hari sesuai jadwal, namun bisa juga dipercepat, guna menghindari kecapeaan para CJH, apalagi diketahui ada yang telah memasuki usia ujur.”Kita jadwalkan lima hari, tetapi juga bisa dipercepat bila mereka sudah memahaminya, karena usai ini akan dilangsukan dengan praktek di gedung bersama Pemda Pulau Taliabu sebelum dilepas pada Jumat (5/7) depan,”katanya.

Inti dari bimbingan ini jelasnya adalah untuk bimbingan serta binaan kepada JCH agar saat di Makkah tidak ada jema’ah yang kebingungan. Dan terpenting juga adalah ketua rombongan dan ketua regu CJH harus aktif saling mengingatkan dan tidak segan-segan menegur serta mengkoordinir, menolong. Terutama CJH yang masih muda harus menjadi penolong bagi yang telah tua nanti bila di mekkah.”Kita sampaikan materi yang mudah dipahami, agar tidak bingung dan berpisah dengan rombongan di mekkah nanti,”tandasnya.

Dirinya juga merincikan bahwa CJH asal Kabupaten Pulau Taliabu berjunlah 65 orang dengan rincian Kecamatan Taliabu Barat 19 orang, Taliabu Barat Laut 7 orang, Taliabu Utara 10 orang, Taliabu Timur 1 orang, Taliabu Selatan 6 orang, Taliabu Timur Selatan 3 orang, Taliabu Selatan 6 orang, Tabona 2 orang, dan Kecamatan Lede sebanyak 17 orang.

Sedangkan terkait dengan biaya pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari biaya Penyenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 2019 dan Pengelolaan Keuangan Operasional Haji (PKOH) biaya Rp.32.782.880, dan Daar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Agama Kabupaten Pulau Taliabusebesar Rp.7.600.000. (dhi)

IKLAN
IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 72307 kali