IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Bupati Minta Ke Pangdam Untuk Bangun Kodim di Taliabu
Ditulis oleh : Achun Nurdin

21 November 2019 - 21:26:14 WIB

LK.com, TALIABU– Kunjungan kerja Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, SH, MH, di Kabupaten Pulau Taliabu, dimanfaatkan Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, yang meminta untuk membangun Komando Distrik Militer (Kodim) di Kabupaten Pulau Taliabu. Karena, mengingat Kabupaten Pulau Taliabu juga membutuhkan Kodim agar segala sesuatunya terkait dengan urusan terutama penerimaan Bintara dan Tantama bisa dilakukan di Pulau Taliabu.

Bahkan menurut Bupati, Pemkab Pulau Taliabu siap untuk mencarikan lahan untuk dihibahkan, karena, beberapa Kabupaten Pulau Taliabu saat ini telah memiliki beberapa kantor vertikal yang telah melaksanakan tugas di daerah ini.”Sejauh ini sudah ada beberapa kantor vertikal yang telah beroperasi seperti Pengadilan dan tahun 2020 juga kejaksaan insyaallah akan beroperasi,”katanya.

Untuk itu, dirinya mengaku bahwa di Tahun 2020 ini,  dirinya terus akan berusaha melakukan negosiasi untuk pendirian Polres dan Kodim di Kabupaten Pulau Taliabu. mengingat sejauh ini setiap ada kegiatan dua instansi tersebut jarang bersama-sama sebagai forkopimda.

Dikatakannya, saat ini di Pulau Taliabu memang telah ada koramil dan Perwira Penghubung dari BKO. Kebutuhan akan adanya Kodim berdiri di Pulau Taliabu sangat diharapkan masyarakat Pulau Taliabu karena letak wilayah Kabupaten Pulau Taliabu berbatasan langsung dengan perbatasan wilayah Sulawesi Tengah tentu ini sangat baik jika Kodim berdiri di Pulau Taliabu ini. “Pemerintah daerah Pulau Taliabu sangat mendukung pembangunan kantor Kodim tersebut. Juga saya pendirian Kodim di Pulau Taliabu ini saya kira sudah memenuhi syarat dan semoga ini dapat diusulkan pak Danrem ke Mabes TNI,” harap Bupati.

Menanggapi persoalan tersebut Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, SH, MH, dalam sambutanya, ia mengucapkan terima kasih banyak atas usulan dan dukungan Bupati Pulau Taliabu dalam pendirian Kodim di Pulau Taliabu ini. Namun untuk mendirikan Kodim ini masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, seperti pembentukan Koramil. Sesuai strategi TNI-AD, secara ideal Kodim harus membawahi minimal lima kantor Koramil dan lainnya. “Untuk rencana Pembangunan Kodim silakan Bapak Bupati masukan surat usulan ke gubernur dan nanti disampaikan ke Mabes, dan nanti ini akan kita buat kajian soal pembangun Kodim Pulau Taliabu. Juga ia akan menyampaikan kepada Panglima TNI. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak atas dukungan dalam pembangun Kodim ini,” jelasnya.

Selain itu dirinya juga mengaku akan melakukan koordinasi dengan mabes TNI untuk mendorong permintaan pemerintah daerah Kabupaten Pulau Taliabu.”Insyaallah saya akan berusaha dan berkoordinasi di Mabes TNI  di Jakarta,”katanya.

Putra Sulsel ini mengakui kunjungan perdananya ini sekaligus menjalin silaturahmi bersama masyarakat Pulau Taliabu dan masukan dari pemerintah daerah terkait dengan kinerja TNI di daerah.”Ini menjadi ajang silaturahmi bersama masyarakat Maluku Utara khususnya Kabupaten Pulau Taliabu,”akunya. (dhi)

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 92327 kali