IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Mabiran Minta SMK N 1 Talbar Jadi Pelopor Kegiatan Desa

Kemah Kenaikan Tingkat SMK Negeri 1 Taliabu Barat Sarat Nilai Edukasi
Ditulis oleh : Achun Nurdin

24 Desember 2019 - 23:49:54 WIB

Taliabukab.go.id - Kegiatan Perkemahan SMK N 1 Taliabu Barat dilaksanakan dalam rangka kenaikan tingkat/alih golongan dari calon bantara ke tingkat Bantara. Dibuka Ketua Mabiran Taliabu Barat Dince Muhdin, S.Pd, dan berlangsung di Lokasi Perkemahan Dinas Kelautan dan Perikanan Tanpi, Desa Wayo.

Agenda rutin tahunan Gugus depan yang berpangakalan di SMKN 1 Taliabu Barat ini dilaksanakan selama Lima hari dimulai dari 17-21 Desember 2019.

Sebelum kegiatan dilaksanakan Ka Mabigus yang juga Kepala Sekolah SMK N 1 Taliabu Barat, Kalsum Ode, S.Pd bahwasanya kemah ini bertujuan sebagai ujian kenaikan pangkat juga untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam bidang kepramukaan di lingkungan Gudep 007–008 sesuai dengan amanat kurikulum sekarang ini."Sasaran yang ingin dicapai yakni mebentuk calon pemimpin yang bijaksana dan bertanggung jawab, menumbuhkan rasa cinta terhadap masyarakat dan lingkungan serta menumbuhkan jiwa mandiri pada  peserta,"paparnya.

Selain sasaran yang ingin dicapai tersebut para siswa juga dilatih untuk memecahkan berbagai permasalahan, rintangan - rintangan sebagai bagian dari materi dalam pramuka secara mandiri maupun berorganisasi.

Dirinya mengaku bahwa dengan masa latihan selama 7 bulan dan pencerahan atau pembelajaran dari para penegak Bantara untuk para calon dan mereviu SKU sebelum dilakukan tim penguji yang telah di SK-kan melalui sidang Pleno Adat Ambalan.”Jadi kita menjungjung adat ambalan tanpa mengkesampingkan kode kehormatan dan sistem dalam gerakan pramuka terutama dalam pengujian SKU,”akunya. Seraya meminta kepada sangga kerja untuk menghubungi ketua Mabiran Taliabu Barat untuk melakukan proses pelantikan.

Sementara itu, Ketua Mabiran Taliabu Barat Dince Muhdin, S.Pd, mengaku sangat merespon kegiatan pramuka di SMK Negeri 1 Taliabu Barat, karena menurutnya kegiatan pramuka di SMK Negeri 1 Taliabu Barat dirinya mengingat kenangan saat masih aktif sebagai penegak dan menjadi Ka Mabigus.”Kegiatan ini menjadi kilas balik saya sebagai seorang pemimpin yang juga dimulai dari bawah sampai dipercaya menjadi Mabiran Taliabu Barat,”katanya.

Bahkan dirinya meminta agar Gerakan Pramuka yang berada di SMK Negeri 1 Taliabu Barat bisa bersanding dengan para kepala Desa di Kecamatan Taliabu Barat, bisa meningkatkan pembangunan terutama karakter anak baik yang masih menempuh pendidikan maupun yang telah selesai, agar supaya rasa cinta terhadap negara dan daerah terus tumbuh dan bisa berkreatif.”Kedepan nanti Pramuka di SMK Negeri 1 Taliabu Barat, bisa menjadi pelopor kegiatan di desa-desa yang berada di Kecamatan Taliabu Barat dalam berbagai bidang,”akunya.

Apalagi dirinya menilai kegiatan ini sarat dengan nilai - nilai edukasi pramuka yang mengedapankan kedisplinan, ketrampilan, kreatifitas, jiwa gotong royong, kepedulian sosial dan etika sebagaimana  termaktub dalam Dasa Dharma Pramuka."Semoga dengan talenta - talenta yang mulai tampak dapat tumbuh dan berkembang, diharapkan menjadi bekal yang bermanfaat bagi para siswa kedepannya,"harapnya.

Untuk diketahui sesuai dengan hasil seleksi dalam kenaikan tingkat pada sidang pleno Adat Ambalan SMK Negeri 1 Taliabu Barat diikuti sebanyak 28 orang penegak. (dh)

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 101087 kali