IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana di SMK N 1 Talbar Berjalan Lancar
Ditulis oleh : Achun Nurdin

25 Desember 2019 - 00:49:37 WIB


LK.com, TALIABU—Ketua Mabiran Taliabu Barat, Dince Muhdin, S.Pd, melantik anggota Pramuka penegak Bantara angkatan ke VI dan penegak Laksana angaktan ke I, Tahun 2019.

Mereka yang dilantik setelah 7 bulan mengikuti kegiatan di gugus depan sebagai program rutin Gugus Depan 007-008, Pangkalan SMK Negeri 1 Taliabu Barat Ambalan H. Ahmad Hidayat Mus-Hj. Nurrahmah Mus. Dan prosesi pelantikan itu, para calon benar-benar dilakukan seleksi melalui beberapa tahap yang sebelum sebagai tamu ambalan, calon Penegak Bantara, Evaluasi dan pemahaman dari para penegak Bantara, kemudian harus menghadiri sidang pleno adat ambalan dalam pengujian SKU yang dilakukan para pembina dan di dampingi para penegak bantara sebagai tim pembela.

Pelantikan yang diawali dengan kemah kenaikan tingkat ini berlangsung selama berlangsung selama Lima hari dimulai dari 17-21 Desember 2019. Bertempat di Lokasi Perkemahan Dinas Kelautan dan Perikanan Tanpi, Desa Wayo. Dimana para calon ini melalui proses sidang pleno Adat Ambalan selama tiga hari secara bergantian sebelum diputuskan layak atau tidaknya untuk menjadi penegak Bantara di Gugus Depan 007-008, Pangkalan SMK Negeri 1 Taliabu Barat Ambalan H. Ahmad Hidayat Mus-Hj. Nurrahmah Mus.

Sebelum dilantik Ketua Mabiran Taliabu Barat melakukan penyiraman kepada para Calon yang akan dilantik sebagai salah satu Adat Ambalan, kendati belumnya sejumlah adat ambalan harus dilalui para calon baik berupa renungan jiwa, pembaitan cikal. Setelah proses penyiraman dilanjutkan dengan sidang dewan kehormatan dan adat ambalan untuk menetukan pelaksanan proses pelantikan yang dilaksanakan di bibir pantai Tanpi, Desa Wayo.

Setelah disetujui Dewan Kehormatan dan Pemangku Adat Ambalan, Mabiran beserta panji pramuka, Pataka Ambalan dan Maskot Ambalan berupa Tunas Kelapa Hidup memasuki lapangan pelantikan.

Dalam Amanatnya Ka Mabiran Dince Muhdin, S.Pd, menyampaikan pesan kepada seluruh peserta yang dilantik  "bed yang dipakai dipundak kalian itu,  bukan hanya sekedar bed yang untuk gaya-gayaan, ada tanggung jawab di dalamnya,  maka gunakanlah ilmu yang sudah ada, mari membantu membina adik adik pramuka di sekolah -sekolah lain,  yang  memerlukan bantuan kita,”kata Ka Mabiran. (dh)

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 101096 kali