IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Pemda Akhirnya Normalisasi Drainasi
Ditulis oleh : Achun Nurdin

16 Juni 2020 - 19:49:06 WIB

Taliabukab.go.id--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Pulau Taliabu nampaknya tidak dapat berbuat lebih kecuali hanya melakukan normalisasi sejumlah Draenase dalam Kota Bobong sebagaimana yang dilakukan pada tahun - tahun sebelumnya di musim penghujan seperti sekarang ini.

Normalisasi Drainase ini sebagai upaya mengatasi banjir dan genangan air dalam Kota Bobong, Ibu kota Kabupaten Pulau Taliabu dengan mengeruk saluran air menggunakan alat berat di sejumlah titik, pada Minggu (14/6) kemarin, bekerjasama dengan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perumahan dan Pemukimanan (PERKIM)

Sejumlah titik yang terpantau dilakukan normalisasi antara lain dusun Badadi,dusun Unabua, dusun Salenga kompleks Mangga 1, Kebun Janda serta dusun Fangahu dan kawasan kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Taliabu.“ Kami BPBD bersama PU, melakukan kegiatan penggalian got dan gorong-gorong, eksavator suda kita siapkan dari pemeritah Daerah, melalui dinas Perkim untuk menggali tempat-tempat aliran sungai yang tersumbat, setiap hari kami akan melaksanakan kegiatan ini,” terang Kepala BPBD Kabupaten Pulau Taliabu Sutomo Teapon dilokasi  normalisasi drainase.

Kepada masyarakat diminta bersabar juga tidak panik menghadapi keadaan cuaca yang ditakksir akan terus terjadi hujan selama beberapa bulan kedepan di Kabupaten Pulau Taliabu.

Mengingat disejumlah drainase masih terdapat sampah - sampah rumah tangga, Sutomo berpesan agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya untuk menghindari tersumbatnya gorong-gorong dan genangan air."langkah Pemerintah Daerah mengurangi genangan-genangan air yang tersumbat, jadi masyarakat tetap bersabar tetap ada penanganan dari BPBD, dan jangan membuang sampah disembarangan tempat karena setelah kita pembersihan ada banyak sampah yang menyebabkan tersumbat,” jelasnya.

Berdasarkan informasi Data perkiraan cuaca BMKG untuk wilayah Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara, akan terus ada hujan minggu ini, dengan kelebabapan antara 65%- 100%, suhu diantara 24-32 Derajat Celcius dengan durasi hujan rata-rata 3 – 12 jam.

Meskipun pada musim hujan saat ini belum ada warga yang diungsikan oleh pemda setempat namun warga yang berada di titik rawan genangan terus waspada.”Warga yang meras membangun rumah dekat titik rawan untuk tetap waspada,”kata Tomo. (dhi)

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 134621 kali