IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Pulau Taliabu Miliki Alat Deteksi Dini Gempa dan Tsunami
Ditulis oleh : Achun Nurdin

12 Juli 2020 - 14:13:49 WIB

Taliabukab.go.id— Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku Utara akan menambah peralatan sebanyak Satu buah alat deteksi dini gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Pulau Taliabu, guna memperkuat mitigasi bencana di daerah tersebut, diantaranya Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen), sensor gempa bumi, sensor akselerograf. Pemasangan alat tersebut guna memitigasi bencana di daerah tersebut.

Hal ini dikatakan oleh Kepala BPBD Pultab Sutomo Teapon, mengatakan bahwa Kabupaten Pulau Taliabu, telah dipasang alat deteksi dini gempa dan tsunami akhir pekan kemarin. Hingga itu, ketika terjadi gempa dan lain sebagainya kita telah mengetahui lebih awal dimana lokasi tersebut.”Saat ini Pulau Taliabu telah terpasang monitor alat deteksi dini gempa dan tsunami,”katanya.

Dirinya menjelaskan bahwa WRS NewGen merupakan peralatan yang berfungsi untuk mendiseminasikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami."Peralatan ini juga telah dipasang di daerah lain, termasuk Provinsi Maluku Utara yang telah dipasang di kantor BPBD Pulau Taliabu sebanyak 1 unit,”akunya.

Dirinya berharap dengan penambahan peralatan di beberapa wilayah Pulau Taliabu dapat meningkatkan ketepatan, kecepatan, keakuratan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

Ia juga berharap dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengambilan keputusan serta mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah masing-masing."Terlaksananya pemasangan ini tidak luput dari dukungan dan partisipasi aktif Pemda yang telah bersedia untuk menjadi lokasi penempatan dan turut menjaga peralatan yang merupakan aset BMKG ini," pungkasnya. (dhi)

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 146990 kali