IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Sebanyak 16 Orang Dinyatakan Reaktif oleh Tim Gustu Covid-19 Taliabu
Ditulis oleh : Achun Nurdin

14 Juli 2020 - 22:39:55 WIB

Taliabukab.go.id– Ketenangan Warga Pulau Taliabu, khususnya Ibukota Kabupaten mulai terusik ketika terkonformasi tim gugus tugas (Gustu) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, adanya reaktif sebanyak 16 orang sejak pekan kemarin.

Awalnya, setelah tim gugus tugas (Gustu) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, melakukan tes cepat Covid-19 (rapid test) pada Jumat (10/7) lalu, pada saat kapal penumpang  kapal Al-Sudais tiba. Tim gustu melakukan rapid test seorang penumpang dari Ternate melakukan rapid test di pelabuhan Bobong diketahui reaktif.

Humas Gustu Taliabu  Aema, mengatakan kalau sejauh ini sesuai hasil pemeriksaan awal melalui rapid test saat kapal tiba terkonfirmasi satu penumpang berasal dari Ternate dinyatakan reaktif. Kemudian,  ada beberapa warga lokal juga yang dinyatakan reaktif.”Sejauh ini kita telah melakukan karangtina atas mereka yang dinyatakan reaktif, terutama warga dari Ternate,”katanya.

Aema mengaku dalam hasil rapid test tidak menyatakan positif atau negatif. Hanya reaktif dan nonreaktif, itu  artinya belum positif. Untuk memastikan masih menunggu hasil pemeriksaan swab.”Untuk mengatakan bahwa positif nanti masih menunggu hasil swab," tambahnya.

Sekertaris Gustu Taliabu Sutomo Taepon, mengatakan kalau dari  16 orang yang dinyatakan reaktif tujuh orang telah dikarantina di penginapan yang disediakan tim Gustu.”Sejak malam Sabtu (11/7) telah dikarantina, sembilan orang  baru dilakukan pemeriksaan dan diharapkan mereka mau melaksanakan protokol kesehatan yakni karantina dan jangan melakukan kontak dengan pihak keluarga atau tetangga," kata Sutomo.

Dirinya berharap agar warga melaksanakan protokol kesehatan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19."Harap saya warga Taliabu, terutama yang di ibu kota agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, jaga jarak dan jaga kebersihan. Agar kita bisa sama-sama memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Taliabu," ucapnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun media ini, menyebutkan bahwa setelah adanya reaktif yang mendapat karangtina. Kadis Kesehatan Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly meminta tim untuk melakukan rapid test termasuk dirinya beserta keluarganya untuk menghindari hal yang tak diinginkan. (dhi)

IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 141102 kali