IKLAN
IKLAN
IKLAN
IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Pemda Pulau Taliabu Gelar Pembagian Parcel Stunting
Ditulis oleh : andri pratama

21 Mei 2024 - 20:42:02 WIB

Humas - Pemerintah Daerah Pulau Taliabu melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan pembagian parcel stunting dan audit maternal dan perinatal yang berlangsung di Balai Pertemuan Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu. Selasa (21/05/2024)


Acara ini langsung dibuka oleh Wakil Bupati Pulau Taliabu, Ramli, yang menyampaikan pentingnya upaya bersama dalam menurunkan angka stunting di daerah tersebut.


 "Hal ini menandakan adanya progres positif dalam penanganan dan penurunan stunting di Pulau Taliabu," kata Ramli.


Menurut Ramli, "EPPGBM seperti real count, sedangkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) seperti quick count. Oleh karena itu, kita harus memaksimalkan pengukuran dan penimbangan hingga 100 persen.


Ia juga mengajak seluruh kepala desa untuk mengarahkan warganya agar rajin mengunjungi posyandu. 

"Melalui posyandu, kita bisa menurunkan angka kasus stunting. Petugas kesehatan seperti bidan dan ahli gizi harus lebih fokus dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan dalam upaya percepatan penurunan stunting." ajak Ramli lanjut


Selain itu, Ramli menyoroti tingginya angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Pulau Taliabu. Pada awal tahun 2024, tercatat 8 kasus kematian ibu dan 5 kasus kematian anak. 


"Hal ini disebabkan oleh banyaknya ibu hamil yang tidak memeriksakan kehamilannya di posyandu atau fasilitas kesehatan, serta 80 persen kematian terjadi karena persalinan di dukun," jelas Ramli.


Wakil Bupati juga menekankan pentingnya peran kepala desa dalam meminimalisir lonjakan kasus kematian ibu dan anak. 


Dengan adanya kegiatan pembagian parcel sehat sebagai inovasi intervensi spesifik untuk menurunkan stunting, diharapkan Kabupaten Pulau Taliabu dapat terus menunjukkan progres positif dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.


Keterlibatan semua pihak dalam upaya penurunan stunting dan kematian ibu dan anak menjadi tanggung jawab kita bersama," tutupnya.

IKLAN
IKLAN
IKLAN
IKLAN
IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 224480 kali